Dengan 14 tropi dari 4 tahun kepelatihannya di Barcelona, Pep Guardiola telah menjelma menjadi salah satu manajer terbaik dunia. Guardiola mengungumkan kepindahannya untuk melatih Manchester City setelah memutuskan tidak memperpanjang masa kerja di Bayern Munchen.

Karir bermainnya sebagai pemain cukup panjang dan sukses, bergabung dengan akademi muda Barcelona pada usia 13 tahun dan pensiun untuk Barcelona pada usia 30 tahun sebagai kapten Barcelona setelah mengumpulkan 6 gelar liga. Ia melakukan debut di tim nasional pada usia muda, 21 tahun, ia menjadi kapten pada waktu satu tahun kemudian, meski pun pada periode tersebut ia tidak berhasil memenangkan gelar bersama Spanyol.barcelona logo

Sebagai manajer, piala selalu dimenangkan secara rutin. Pep kembali ke klub asalanya Barcelona dan belajar melatih pada Barcelona B pada tahun 2007 sebelum pada akhirnya menggantikan Frank Rijkaard pada musim 2007-08.

Musim perdananya melatih Barcelona, Guardiola berhasil memimpin Barcelona untuk meraih Trebele (La Liga, Copa del Rey, Liga Champions), membuat mereka menjadi tim Spanyol pertama yang membuat pencapaian ini dan mendapatkan pengakuan tentang tiki-taka yang diperagakan mereka. Ia mengakhiri 2009 dengan 6 tropi yang luar biasa termasuk Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub.

2 gelar liga dimenangkan pada 2 musum berturut-turut, hingga pada akhirnya dominasi Barcelona terhenti pada tahun 2012 oleh Real Madrid yang berhasil memenangkan liga. Guardiola mengungumkan bahwa dirinya akan meninggalkan Barcelona dan akan berhenti dari aktifitas sepak bola selama setahun karena kelelahan.

Ia kembali menjadi manajer baru Bayern Munchen pada 2013 dan membantu klub tersebut untuk memenangkan tropi lagi. Tropi perdana datang dari Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub sebelum pada akhirnya memenangkn gelar Bundes Liga, ia juga mengatar Bayern mengalami musim tanpa tersentuh kekalahan dan juga mendaratkan DFB Pokal.

https://www.m88indo88.com/go/m88reg/

Guardiola mengungumkan bahwa ia akan meninggalkan Bayern untuk tantangan baru pada musim panas 2016 dan pada 1 Februari 2016, ia telah menandatangani perjanjian kerja bersama City dengan durasi kontrak 3 tahun, mengambil alih City untuk musim 2016-17.

Kelebihan : Ia tidak takut untuk melakukan perubahan untuk taktik dan pemain. Filosofi yang ia terapkan pada Barcelona dan Bayern menjadikannya menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia.

Kekurangan : Fokus menyerang hingga pemain belakang ikut membantu penyerangan, ini rentan dalam serangan balik.

Taktik : Guardiola menerapkan permainan cepat, permainan melebar dan ia menerapkan formasi 4-1- 2- 3 namun dapat berubah selama pertandingan ke formasi 3-4- 3 jika dibutuhkan.

Kutipan : “Jika anda berlatih buruk, maka anda akan bermain buruk. Jika anda bekerja keras saat latihan, anda akan melakukan hal yang sama saat bermain.” – Josep Guardiola.

Trivia : Guardiola adalah pemain Barcelona dengan kartu kuning terbanyak, sebanyak 80 kartu kuning.

Pep Guardiola pertama kali muncul dipublik dan mulai menjadi pusat perhatian penikmat sepakbola dunia adalah saat melatih Barcelona. Walau minim pengalaman namun musim perdan Pep di Camp Nou mampu dia berikan gelar treble (La Liga, Copa del Rey dan Chmpions League). Dan setelah itu sejumlah gelar lain terus berdatangan seperti informasi yang didapatkan oleh m88. Bayern Munchen jadi pelabuhan berikut dari Pep namun dia hanya sukses di kancah domestik dan musim yang akan datang, Pep Guardiola akan mencoba tantangan baru dengan melatih salah satu raksasa Premier League, Manchester City.

https://www.m88indo88.com/go/m88reg/
Baca Selengkapnya  Liverpool Kembali Tidak Terbendung