Profil

Setelah sukses bersama Arsenal, Arsene Wenger dipandang menjadi salah satu manajer terbaik yang ada di dunia. Nama Wenger dikenal saat ia mengambil alih kepelatihanan Arsenal pada September 1996 dan gayanya membuat ia menjadi manajer terlama yang pernah dimiliki oleh Arsenal.

Wenger tidak mempunyai karir sebagai pemain yang bagus, hanya membuat debut professional saat berusia 28 tahun membela Strasbourg. Terobosan baru datang saat ia mulai melatih Monaco pada 1987.
Wenger memenagnkan penghargaan Manajer of the year dan juga membawa Monaco memenangkan gelar di Perancis.

Meskipun memberikan kesuksesan, pada tahun 1994 ia dipecat karena memulai musim dengan buruk. Kemudian ia pindah ke Jepang menjadi pelatih Nagoya Grampus Eight bermain di J-league, dengan kecerdikannya ia berhasil mengatar klub tersebut dari dasar klasmen menjadi runner-up hanya dalam satu tahun, mereka juga memenangkan Piala Super, sebelum pada akhirnya ia meninggalkan klub tersebut.

Wenger pada saat itu belum dikenal di Inggris, namun ia beradaptasi dengan cepat membawa Arsenal memenangkan gelar ganda pada musim pertamanya, 1997-1998. Selama tiga musim berikutnya The Gunners dengan Patrick Vieira dan Thierry Henry, banyak pakar percaya mereka akan menarik dan mendomainasi era tersebut.

Mereka memenangkan Liga pada musim 2003-04 dengan penampilan yang luar biasa. Mereka menjalani musim dengan tidak tersentuh kekalahan.
Meskipun memenangkan Piala FA, Wenger gagal membawa Arsenal melangkah jauh di Liga Champions setelah tersingkir oleh Barcelona pada partai puncak, hal tersebut terjadi pada tahun 2006. Meskipun pada 2007 tersiar kabar Wenger akan meninggalkan Arsenal, namun pada akhirnya ia memperpanjang kontrak baru bersama Arsenal.

https://www.m88indo88.com/go/m88reg/

Wenger tanpa mengangkat piala tahun 2005, ia juga harus menerima kenyataan bahwa pemain-pemain intinya seperti Cesc Fabregas dan Samir Nasri pergi meninggalkan Arsenal.

Tahun 2014, ia berhasil membawa Arsenal memenangkan FA Cup dan ia menandatangai kontrak baru dengan durasi 3 tahun. Atas apa yang telah ia lakukan, ia dipandang menjadi salah satu yang terbaik dan paling dihormati.

Piala FA 2014 menjadi piala yang menyelamatkan Wenger setelah 9 tahun melatih Arsenal tanpa memberikan 1 tropi pun.

Wenger mempertahankan Piala FA pada musim berikutnya setelah berhasil memenangkan final saat berhadapan dengan Aston Villa dengan skor 4-0.

Kelebihan : Rajin dan pintar, dia brilian dalam bursa transfer dan membangun hubungan yang dekat dengan para pemainnya seperti ayah dan anak. Dia memiliki visi untuk keseluruhan rencana.

Kekurangan : Keras kepala dan sering tidak memiliki rencana cadangan.

Karir terbaik : Membawa Arsenal 49 pertandingan tanpa kekalahan pada musim 2003-04.

Karir terburuk : Setelah ditinggal oleh Nasri dan Fabregas, Arsenal kalah oleh United dengan skor 8-2.

Taktik : Permainan favoritnya adalah passing pendek, dengan formasi 4-4- 2 membawanya sukses diawal karir. Sekarang ia menyukai 4-4- 3 sebagai formasi lain yang digunakan.

Kutipan : “Pada usia muda tidak penting untuk memenangkan gelar. Yang penting adalah mengembangkan pemain kreatif dan terampil dengan percaya diri yang baik.” – Arsene Wenger.

Trivia : Wenger mendapatkan penghargaan tertinggi di Perancis, Legio d’Honneur pada tahun 2002.

https://www.m88indo88.com/go/m88reg/
Baca Selengkapnya  Profil Pelatih Guus Hiddink